Tips

Cara Efektif Merawat Mesin Jahit

Tips Merawat Mesin Jahit Agar Tetap Enak Disaat Menjahit.

Perawatan Mesin Jahit Singer Khususnya model portable tentunya sangat penting untuk menjaga fungsionalitas mesin yang Anda miliki. Untuk itu, proses perawatan yang Anda lakukan tidak boleh asal dan sembarangan. Pastikan mesin jahit yang Anda punya mendapatkan perawatan terbaik. Kami akan membagikan beberapa kiat yang berguna untuk Anda untuk menjaga performa mesin jahit dalam kondisi maksimal.

Biasakan Putar Keno ke Kiri

Pertama, biasakan memutar kenop kea rah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Memutar kenop tersebut ke arah kanan dapat membenturkan kenop pada tension, pengaturan timing mesin jahit pun dapat berubah bila hal ini terjadi. Anda hanya boleh memutar kenop ke kanan bila benag tersangkut pada batang jarum. Itu pun tidak boleh melebihi 180 derajat.

Perhatikan Posisi Sepatu dan Gunakan Spare Parts yang Sesuai

Hal kedua yang harus Anda perhatikan di antara tips merawat mesin jahit ialah memastikan posisi sepatu selalu di bawah sebelum Anda mulai menjahit. Bila Anda tidak disiplin mengecek posisi sepatu, spool (bobbin) akan macet akibat benang yang menjadi kusut. Jarum mesin jahit pun harus ruin diganti tiap 16 jam kerja. Jarum yang tumpul tak hanya merusak kain jahitan tetapi juga mesin jahit. Anda pun mesti menggunakan jarum dan bobbin yang cocok dengan mesin jahit Anda. Jika tidak, mesin jahit berpotensi lekas rusak meski sekilas jarum dan bobbin terlihat mirip.

Oleskan Minyak Pelumas Secara Teratur

Anda pun harus selalu ingat kapan Anda harus mengoleskan dan meneteskan minyak pelumas pada bagian tertentu mesin Anda. Lakukan ini secara rutin dan pastikan Anda memberikan minyak secukupnya saja, terutama pada batang jarum dan sekoci atau bobbin case. Jangan lupa meneteskan minyak pada roda putar atau hand wheel pada mesin jahit lurus.

Jangan terlalu sering memberikan minyak pelumas pada mesin jahit dan jangan terlalu banyak. Anda hanya harus memberikan minyak pada mesin jahit Anda seminggu sekali saja. Sesuaikan jadwal pemberian minyak pelumas dengan seberapa sering Anda menggunakan mesin jahit. Sebagai contoh, bila Anda menggunakan mesin jahit hanya seminggu sekali, berilah minyak sebulan sekali saja. Sedangkan bila Anda mengginakan mesin jahit hanya sebulan sekali, Anda harus memberikan minyak pelumas sekitar tiga bulan sekali.

Sebagai catatan, bila buku manual menyebutkan bahwa mesin jahit Anda sudah diberi minyak pelumas oleh pabrik, Anda tetap harus memberikan minyak seperlunya, sekitar dua sampai tiga tetes, sebagai langkah pemeliharaan. Ini berguna agar mesin jahit tidak macet. Jangan terlalu banyak dan disarankan gunakanlah oli yang sesuai dengan merk mesin jahit.

Servis Rutin

Lakukan servis perawatan secara rutin. Tidak perlu terlalu sering, hanya sekitar tiga hingga empat bulan satu kali. Ini penting untuk menjaga fungsi mesin jahit Anda.

Berikut adalah beberapa tips merawat mesin jahit. Pastikan Anda melakukan kiat-kiat tersebut dengan benar serta dalam frekuensi yang tepat. Jangan terlalu sering dan jangan terlalu lama. Berikanlah perawatan yang secukupnya untuk menjaga kualitas mesin dan jahitan Anda. Niscaya, dengan perawatan yang baik, mesin jahit pun akan jarang mengalami kerusakan.Apabila anda masih kesulitan anda dapat datang langsung ke Toko Mesin Jahit di Bekasi atau yang terdekat di rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Solve : *
26 − 22 =