Uncategorized

Hewan avertebrata beserta contohnya

Tahukah anda apa itu hewan avertebrata? Meskipun pertanyaan tersebut tidak penting namun tidak ada salahnya untuk menambah ilmu pengetahuan saja. Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Hewan ini termasuk kedalam kategori hewan yang unik, pasalnya mereka menggerakkan tubuhnya tanpa adanya tulang yang menyangga. Dan uniknya lagi kelompok dari hewan ini merupakan penghuni terbanyak di bumi ini dengan berhabitat ditempat yang berbeda-beda.

Sekitar 2 juta jenis hewan avertebrata yang saat ini sudah dikenali keberadaanya, mulai dari yang berhabitat dilaut sampai dengan yang hidup didalam tanah. Dan inilah beberapa hewan yang masuk kedalam kategori hewan avertebrata.

1. Laba laba

Laba laba merupakan hewan yang tergabung dalam filum arthropoda. Tahukah anda bahwa lebih dari 80 % dari semua hewan yang hidup dimuka bumi ini tergabung dalam filum arthropoda, karena semua hewan yang tubuhnya bersegmen dan berpasangan masuk dalam kategori hewan arthropoda, mulai yang berhabitat dilaut, air tawar, terbang, dan tinggal didalam lubang semua masuk dalam filum arthropoda. Selain laba laba beberapa jenis hewan avertebrata dalam filum arthropoda antara lain hewan yang mencakup jenis serangga, udang, jangkrik, lipan, dan lain sebagainya.

2. Lintah

Lintah merupakan hewan avertebrata/tidak bertulang belakang yang tergabung dalam filum Annelida. Hewan dari filum ini mempunyai ciri tubuh yang bergelang-gelang, kata Annelida sendiri diambil dari bahasa Yunani dari kata annulus yang mempunyai arti cincin. Lintah salah satu hewan avertebrata yang mempunyai banyak kegunaan, salah satunya dari minyak lintah yang dihasilkannya karena mengandung berbagai zat yang berguna. Selain lintah beberapa hewan avertebrata yang tergabung dalam filum Annelida adalah cacing tanah, dan Pacet.

Baca juga: Lintah termasuk hewan yang mudah diternak

3. Bekicot

Bekicot juga termasuk dalam hewan tak bertulang belakang yang masuk pada filum molusca. Bekicot sering juga disebut dengan siput darat, hewan ini berasal dari Afrika timur dan kini sudah menyebar diberbagai negara diseluruh dunia. DiIndonesia sendiri bekicot sering diolah menjadi sate dan beberapa masakan lainnya. Selain bekicot, masih banyak beberapa hewan avertebrata yang masuk dalam filum molusca seperti keong, dan beberapa hewan lain yang bercangkang.

Jika membahas masalah hewan avertebrata atau hewan tak bertulang belakang mungkin tidak ada habisnya, karena hewan ini merupakan hewan penghuni bumi terbanyak. Selain keempat hewan dari filum yang berbeda diatas masih banyak hewan dari filum lain yang termasuk kedalam avertebrata, diantaranya seperti hewan yang tergolong dari filum porifera, filum cnidaria, filum echinodermata dan masih banyak lagi. Demikian sedikit artikel singkat tentang hewan tak bertulang belakang, semoga bisa menambah ilmu yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan