Uncategorized

Inilah 3 hewan yang dapat diternak dengan modal sedikit namun keuntungannya begitu besar

Beternak merupakan suatu kegiatan yang mengembangkan atau membudidayakan hewan dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat/hasil dari hewan tersebut. Banyak sekali hewan yang mudah kita ternak yang ada di bumi ini, mulai hewan yang hidup diair seperti ikan, sampai dengan hewan yang bisa terbang misalnya burung.

Beberapa jenis hewan yang biasa diternak adalah sapi, ikan, kambing, dan juga ayam. Namun untuk beternak hewan tersebut tentunya kita harus membutuhkan modal yang besar, karena harga serta biaya yang dibutuhkan untuk membeli bibit serta membudidayakannya cukup besar, tentu saja keuntungan yang didapatkan pasti juga besar. Namun tahukah anda selain hewan diatas ada lho bebepa hewan yang apabila diternak tidak membutuhkan modal besar namun keuntungannya begitu menggiurkan. Dan inilah beberapa hewan yang dimaksut.

 

1. Semut rangrang

Pasti semua tahu dengan semut rangrang? Tahukah anda ternyata hewan kecil dengan jalannya yang merangkak ini bisa diternak lho. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung jika mendengar kata beternak semut rangrang, pasalnya telur yang dihasilkannya sangat bermanfaat untuk memerdukan suara burung kicauannya, maka tak mengherankan jika pera pecinta burung tidak asing dengan hewan ini.

Semut rangrang merupakan salah satu hewan yang dapat diternak dengan modal sedikit namun bisa memberikan keuntungan yang besar. Untuk beternak semut rangrang kita dapat mencari bibitnya dari alam langsung atau bisa juga membelinya dari peternak langsung. Jika tidak dapat mencarinya dialam maka dapat memberi pada peternak langsung, harga bibitnya pun terbilang murah. Selain itu biaya untuk membudidayakanya juga terbilang mudah dan murah, pasalnya pakannya hanya berupa butiran gula yang diberi sedikit air.

Dengan modal pembelian bibit serta modal pembelian pakan yang sedikit tentu saja dapat memberikan keuntungan yang sangat besar, karena seperti yang kita ketahui bahwa telurnya (kroto) memiliki harga jual yang fantastis yang mencapai harga Rp.170.000 /kg didaerah Yogyakarta untuk saat ini. Dan mungkin didaerah Jakarta dan sekitarnya harganya jauh lebih mahal dari itu.

2. Lintah

Selain semut rangrang ternyata lintah juga dapat diternak lho. Perlu anda ketahui bahwaternyata beternak lintah bisa mendatangkan keuntungan yang besar, karena hewan ini tergolong hewan yang mudah diternak serta mudah berkembang biak, selain itu biaya untuk membudidayakannya juga terbilang kecil karena lintah tidak membutuhkan pakan setiap hari seperti hewan pada umumnya.

Selain itu beternak lintah juga tidak membutuhkan tempat yang luas, karena 1 meter persegi saja bisa diisi dengan 1000 ekor lintah. Dengan begitu tentu saja modal yang dibutuhkan untuk beternak hewan yang satu ini terbilang kecil, apabila kita bandingkan dengan hewan lain pada umumnya.

Ada 2 hasil yang bisa anda dapatkan dari beternak hewan yang satu ini, yaitu minyak lintah dan lintahnya. Anda bisa menjual lintah yang anda budidayakan tersebut pada pengepul atau pada tempat tempat yang membuka terapi lintah. Biasanya 1 lintah ukuran 4 – 6 cm dihargai sekitar Rp.7000, bayangkan jika jumlah lintah yang anda budidayakan mencapai ribuan. Untuk itulah lintah salah satu hewan yang bisa diternak dengan biaya sedikit namun dapat memberikan keuntungan yang begitu besar.

3. Burung

Selain semut rangrang dan lintah, burung juga termasuk kedalam hewan yang apabila diternak membutuhkan modal sedikit namun dapat memberikan keuntungan yang besar. Meskipun tergantung dari jenis burung yang dipelihara namun semua burung apabila kita ternak dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Contohnya saja burung kenari yang membutuhkan modal sedikit namun apabila burung tersebut bertelur dan menetas maka kauntungannya begitu besar, karena pakan yang terbilang murah dan sekali menetas bisa menghasilkan 4-5 ekor anakan kenari.

Contohnya lagi burung murai yang harganya mahal, namun jika menetas harganya anakanya juga bisa terjual dengan harga ya mahal pula. Jadi antara modal dan hasil lebih besar hasilnya, karena sekali bertelur bisa mencapai 3 – 5 butir. Dan intinya semua burung apabila kita dapat membudidayakan atau menerimanya maka keuntungan yang bisa lebih besar dari pada modal yang kita keluarkan. Karena selain mudah menebak burung, harga pakan yang relatif murah, itulah yang menjadikan ternak burung bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Sebenarnya dalam usaha beternak tidak harus bermodalkan uang yang banyak, pasalnya ada beberapa hewan yang dapat kita ternak tanpa perlu modal yang besar namun dapat memberikan keuntungan yang besar, diantaranya adalah ketiga hewan diatas. Dan yang jelas kunci dalam dunia peternakan adalah dengan selalu bersabar, belajar dan telaten dalam menjalankannya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Solve : *
18 × 9 =