Uncategorized

Mengenal 3 huruf penulisan dalam bahasa Jepang

Jepang merupakan negara bagian Asia timur yang memiliki 3 huruf yang digunakan untuk menulis serangkaian kata atau kalimat dalam kegiatan sehari hari, huruf yang dimaksut adalah hiragana, katana, dan kanji. Dari ketiga huruf tersebut memiliki cara penulisan yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan ketiga huruf tersebut mari simak penjelasan berikut ini.

Huruf katakana

Dimulai dari huruf Katakana, Menurut informasinya huruf Katakana dibuat sekitar abad ke-8 M, dan mulai digunakan sekitar tahun 1988. Huruf ini diciptakan oleh orang Jepang yang bernama Kibi no Makabi. Tujuan utama diciptakannya Huruf ini untuk menyederhanakan Huruf Kanji, karena pada masa itu perdagangan yang masuk ke negara Jepang sebagian besar dari Tiongkok.

huruf Katakana merupakan huruf yang dipakai ketika seseorang menulisakan kata atau kalimat dari serapan bahasa asing. Tidak hanya itu saja, huruf Katakana juga digunakan untuk menuliskan nama orang asing, tempat didaerah luar, dan lain sebagainya yang tidak termasuk ke dalam bahasa atau kata kata yang berhubungan dengan jepang. Contohnya saja ketika anda mau menulis nama “Wardoyo” maka huruf yang digunakan adalah huruf Katakana, atau misalkan anda mau menulis sebuah tempat “Klaten”, maka huruf Katakana juga yang digunakan.

Huruf Hiragana

Huruf Hiragana merupakan huruf asli jepang, dimana huruf ini merupakan huruf yang sering dan selalu digunakan untuk menulis kata kata dalam bahasa Jepang dan semua yang berhubungan dengan Jepang. Contohnya seperti aishiteru, maka penulisannya harus menggunakan huruf hiragana, atau haru no sakura, penulisannya juga harus menggunakan hiragana. Penulisan tempat pun yang berhubungan dengan Jepang harus menggunakan huruf hiragana, contohnya Tokyo, gunung Fuji, Kyoto, dan lain sebagainya.

Antara huruf hiragana dengan katakana mempunyai kesamaan dari jumlah huruf intinya, yaitu ada 46 huruf. Yang membedakan antara kedua huruf ini adalah dari bentuk huruf serta dari sisi penggunaan huruf tersebut. Jika penulisan huruf hiragana digunakan untuk menulis bahasa Jepang, sedangkan untuk huruf katana digunakan untuk menulis kata kata dari bahasa asing.

Huruf Kanji

Sebenarnya huruf kanji buka merupakan huruf asli Jepang, huruf kanji adalah huruf asli negara Tiongkok. Menurut informasinya Huruf Kanji masuk ke Jepang lewat barang yang didatangkan dari tiongkok pada abad ke – 3 masehi, sejak saat itulah orang orang Jepang mulai mengenal kanji dan mempelajarinya hingga saat ini sudah digunakan untuk penulisan kata ataupun kalimat pada bahasa Jepang.

Antara huruf kanji Tiongkok dan Jepang bisa dibedakan dengan tulisan-tulisan, huruf kanji Tiongkok hanya bertuliskan kanji saja, sedangkan huruf kanji Jepang terdapat huruf hiragana yang menyertainya. Saat ini huruf kanji sudah digunakan dalam segala hal, baik untuk penulisan informasi, produk, dan lain sebagainya.

Ketiga huruf diatas merupakan huruf Jepang yang sudah dipelajari masyarakat Jepang sejak dahulu kala, dan saat ini pun ketiganya sudah digunakan untuk penulisan kata kata sehari hari. Tahukah anda bahwa tidak semua orang Jepang paham dengan huruf kanji, ya seperti yang diketahui bahwa kanji bukan merupakan huruf asli Jepang. Untuk itu orang Jepang pun harus belajar supaya bisa menulis serta membaca huruf kanji.

Tinggalkan Balasan

Solve : *
7 + 19 =