Uncategorized

Jenis Gorila di Barat Afrika

Jenis Gorila dataran rendah barat adalah satu dari dua subspesies gorila barat (yang lainnya adalah gorila sungai lintas yang sangat langka) yang ditemukan di hutan-hutan di benua Afrika. Gorila dataran rendah barat adalah spesies jenis gorila barat yang paling banyak namun masih dianggap sangat terancam punah di alam liar.

Jenis Gorila dataran rendah barat ditemukan menghuni hutan tropis dan hutan di bagian barat dan tengah Afrika, bersama dengan rawa-rawa dataran rendah dan hutan sekunder. Gorila dataran rendah barat ditemukan di seluruh Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Guinea Khatulistiwa dan Gabon dan juga merupakan gorila paling mungkin untuk dilihat di kebun-kebun binatang dunia.

Ada dua sub-spesies gorila barat yang terpisah yaitu gorila dataran rendah barat dan gorila sungai lintas. Meski hanya sedikit berbeda dalam penampilan, dua spesies gorila barat ini dibedakan dengan tengkorak dan ukuran gigi mereka yang berbeda, dan gorila sungai lintas juga jauh lebih jarang daripada gorila dataran rendah barat.

Jenis Gorila dataran rendah barat adalah termasuk dalam satu jenis kera besar, kelompok yang mencakup orang utan, gorila, manusia dan simpanse. Seperti kera besar lainnya, gorila dataran rendah barat memiliki sejumlah fitur yang membuat hidup di hutan sedikit lebih mudah, termasuk memiliki jempol yang berlawanan yang berguna saat gorila dataran rendah barat mengupas buah.

Gorila dataran rendah barat adalah hewan omnivora, namun sebagian besar makanannya terdiri dari memakan buah yang oleh gorila dataran rendah barat diketahui melakukan perjalanan jauh melalui hutan untuk ditemukan. Gorila dataran rendah barat juga memakan daun, kacang-kacangan dan buah beri, bersama dengan serangga dan kadang binatang kecil seperti kadal dan tikus. Gorila dataran rendah barat juga telah diketahui bisa menggunakan alat dasar di alam liar untuk mengumpulkan makanan dengan lebih efektif.

Karena ukurannya yang besar, gorila dataran rendah barat memiliki sedikit predator nyata di hutan asli Afrika, dengan kucing besar seperti macan tutul dan buaya menjadi satu-satunya ancaman alami yang nyata bagi gorila dataran rendah barat. Ancaman terbesar gorila dataran rendah barat adalah hilangnya habitat akibat deforestasi dan juga diburu oleh manusia. Bagian dari wilayah gorila dataran rendah barat juga telah diambil alih oleh kerusuhan sipil dalam beberapa tahun terakhir, yang, bersama dengan perburuan, telah memiliki dampak yang sangat menghancurkan pada populasi liar.

Jenis Gorila dataran rendah barat cenderung hidup dalam kelompok yang dipimpin dan dilindungi oleh alfa laki-laki. Gorila alfa jantan juga berteman dengan betina dalam kelompoknya, menghasilkan keturunan tunggal umumnya. Bayi gorila dataran rendah barat tetap tinggal dengan ibu mereka sampai mereka berumur beberapa tahun dan menjadi mandiri.

Saat ini, gorila dataran rendah barat diklasifikasikan sebagai salah satu spesies terancam di dunia dengan perkiraan hanya tersisa 95.000 gorila dataran rendah barat yang diperkirakan tertinggal di hutan Afrika.

Tinggalkan Balasan