Tips

Enak Juga Kalau Metode Menulis Pakai Cerita Santai dan Rileks

Enak Juga Kalau Metode Menulis Pakai Cerita Santai dan Rileks

Enak Juga Kalau Metode Menulis Pakai Cerita Santai dan Rileks VisualisasiEnak Juga Kalau Metode Menulis Pakai Cerita Santai dan Rileks Visualisasi

Nah ini adalah tulisan yang keempat dalam waktu berdekatan tanpa henti. Memang dari kemarin sudah mencoba menulis dengan cerita-cerita harian saja. Tidak ada cerita yang serius. Cuma kalau dipikir-pikir, metode cerita yang dipakai ini agak terlalu berlebih-lebihan. Soalnya memang cerita yang disampaikan bisa dibilang gambaran harian apa yang telah dikerjakan beberapa waktu sebelumnya.

Memang enak juga menulis santai begini. Kemarin mencoba menulis dengan metode yang sedikit berbeda. Sebenarnya hampir sama, cuma ada perbedaan posisi mata. Kalau menulis cerita rileks begini, posisi mata fokus pada layar komputer. Sehingga kesalahan ketik tulisan yang dibuat bisa dikurangi sebanyak mungkin. Jadinya waktu mengedit ulang bisa lebih hemat waktu.

Berbeda dengan metode sebelumnya, mata tidak fokus ke layar komputer. Alhasil ada banyak salah ketik yang dilakukan karena mata tidak melihat layar komputer. Jadinya waktu untuk untuk menyunting ulang kata-kata yang salah ketik itu menambah waktu total menulis atau mengetik.

Santai Dan Rileks Meski Harus Menggunakan Banyak Variasi Kata

Jika diambil sisi positif, menulis berulang-ulang kali dengan metode santai dan rileks memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya cerita yang diketik adalah cerita yang unik dan tidak terlalu serius disampaikan.Memang ada orang-orang yang kurang begitu suka dengan bacaan serius. Tidak heran kalau ada banyak novel yang terus bermunculan. Sebabnya sifat cerita novel itu santai dan tidak serius.

Sayangnya metode menulis sendiri ini ada kekurangannya. Salah satu kelemahannya, akan ada banyak variasi kata yang dilakukan secara berulang-ulang. Ini jelas disebabkan faktor seberapa banyak penulis mengetahui dan menghafal ribuan kosa yang ada. Semakin banyak kosa kata yang dihafalkan, otomatis akan semakin banyak variasi kata yang bisa dibuat.

Contohnya saja menggunakan kata ‘jika’. Jika sendiri ada banyak pilihan kata di dalam kamus bahasa Indonesia. Contoh variasi kata ‘jika’ adalah seumpama, andai, jikalau, misal, dsb. Itu adalah kumpulan kata-kata yang dihafal penulis. Bisa jadi ada banyak pilihan kata yang bisa dipakai. Terlebih lagi kalau variasi kata bukan hanya ada di dalam kata ‘jika’ tapi setiap kata umumnya memiliki variasi kata meski berbeda maknanya.

Dunia Sementara
the authorDunia Sementara
Dunia ini sementara kawan. Jangan sampai terlena dengan dunia yang hanya 60-70 tahun. Ketahuilah ada kehidupan yang abadi setelah kematian. Jangan gara-gara dunia, nanti akan menyesal saat kematian akan tiba.

Tinggalkan Balasan

Solve : *
6 − 1 =